Selayang Pandang Rumah ABaTa

Selayang Pandang Rumah ABaTa

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

 

Pesantren ABaTa adalah sebuah lembaga pendidikan yang kami desain sebagai tempat belajar bagi anak Tunarungu dengan konsep pesantren, Dedikasi kami adalah dalam rangka membantu anak anak Tunarungu agar memperoleh pendidikan yang terpadu, mempunyai lingkungan belajar keagamaan (Islam) secara baik, kami dedikasikan juga anak anak abata akan mempunyai kemampuan berkomunikasi secara verbal sebagaimana orang pada umumnya.

 

Kami memandang bahwa ada sebuah permasalahan dalam masyarakat, dimana keberadaan pendidikan untuk anak tunarungu yang menggabungkan antara pendidikan umum/formal dan pendidikan keagamaan masih belum banyak dijumpai di Indonesia, dan ketika adapun sebagian besar anak anak tunarungu belum bisa mengaksesnya diantaranya karena :

 

  • Informasi : Meskipun informasi saat ini begitu terbuka lebar, tetapi masih banyak karena alasan informasi ini anak anak Tunarungu belum bisa mengakses pendidikan yang memadai.
  • Biaya : Survei kami terhadap beberapa anak tunarungu di Temanggung rata-rata terkendala dengan biaya, sehingga tidak mampu untuk bisa mengakses pendidikan yang lebih bermutu.
  • Waktu : karena sekolah hanya baru ada dibeberapa kota saja, bagi orangtua yang tinggal di daerah yang punya pekerjaan tidak mungkin bisa meninggalkan pekerjaannya, karena kebanyakan pembelajaran ini hanya dilakukan pada jam sekolah biasa / bukan asrama

 

Dari beberapa persoalan diatas kami Pesantren ABaTa, dengan mengharap Ridho Allah mengambil peran untuk menjadi bagian dari solusi masyarakat terutama bagi anak-anak tunarungu yang terkendala biaya, waktu dan keterbatasan informasi.

Pesantren ABATA tentu masih sangat jauh dari kata sempurna, dan kami sangat menyadari akan hal tersebut, untuk itu kami akan terus berproses untuk meningkatkan kwalitas layanan dan mutu pendidikan, sehingga ke depan kita semua berharap Pesantren ABATA bisa semakin baik lagi.

 

Pesantren ABATA untuk ukuran sebuah lembaga pendidikan tergolong masih baru, karena Pesantren Abata baru memulai kegiatannya sejak 1 oktober 2016, dan saat ini baru memiliki satu komplek untuk Asrama Putri saja, sehingga kami baru bisa membersamai santri santri putri, meskipun ke depan kami juga merencanakan untuk segera memiliki Asarama Putra.

 

Pesantren Abata lahir dari Ide kecil sepasang suami istri yang juga memiliki anak tunarungu, kemudian ide ini ditangkap bersama bersama rekan rekannya di Temanggung, sehingga atas ijin Allah Pesantren Abata bisa berproses. Untuk itulah kami mohon doa restu kepada anda semua dan semua pihak, karena kami sadar bahwa ini adalah PR kita bersama, Untuk itu kami mengajak siapa saja yang tergerak untuk menjadi bagian dari kerja bersama ini semoga kepedulian anda semua menjadi amal ibadah yang menjadi pemberat Amal sholeh anda di timbangan hari  pertanggung jawaban nanti, dan mendapat balasan Surga-Nya Allah Subhanahu WaTa’ala. Aamiin.

 

 

 

admin
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website